Kiai Muhammad Ainun Naim : Tausiyah Cahaya Ramadhan Dengan Tema Bahagia Di Bulan Ramadhan

Mari ikuti kajian ramadhan bersama JRA Jawa Tengah Selama Bulan Ramadhan tahun 2023 di kanal Youtube PW JRA Jawa Tengah dan media lainnya .

Mari simak tausiyah Cahaya Ramadhan
Dengan Tema : Bahagia Di Bulan Ramadhan
Pemateri : Kiai Muhammad Ainun Nai'm (Ketua PW JRA Jawa Tengah)



Alhamdulillah kita sudah dipertemukan oleh Allah Subhanahu wata'ala dengan tamu yang paling istimewa ,mulia tiada lain adalah bulan Suci  Ramadan tiada kebahagiaan tiada keceriaan kecuali bagi orang yang beriman. 
Kedatangan bulan Ramadan adalah suatu rizki yang paling luar biasa bagi orang mukmin terutama muslim diseluruh dunia terkhusus di Indonesia. Oleh karena itu kita dianjurkan untuk berbahagia karena hadirnya bulan Ramadan sebagaimana disabdakan oleh baginda Nabi Muhammad 
Rasulullah Muhammad  telah mengingatkan dalam sebuah hadis kepada umatnya untuk senantiasa menghadirkan perasaan dan pikiran gembira menyambut kedatangan bulan suci Ramadhan. 

Kegembiraan dan perasaan suka cita ini juga niscaya bakal diganjar dengan sebuah keistimewaan sebagaimana Sabda Nabi Muhammad  : 

مَنْ فَرِحَ بِدُخُولِ رَمَضَانَ حَرَّمَ اللهُ جَسَدَهُ عَلىَ النِّيْرَانِ

Artinya: “Siapa bergembira dengan masuknya bulan Ramadhan, Allah akan mengharamkan jasadnya masuk neraka.”


Siapa yang hatinya bahagia merasa gembira karena datangnya bulan Ramadhan maka orang tersebut akan diharamkan jasadnya untuk memasuki neraka.  Mari kita berbahagia kita mawas diri membersihkan diri persiapan untuk menyambut bulan Ramadhan yang di dalamnya kita nanti berlomba-lomba fastabiqul Khairat (Berlomba-lomba dalam kebaikan) untuk beribadah kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala.

Tonton Video Full Tausiyah Cahaya Ramadha Bersama Ketua PW JRA Jawa Tengah 

Klik Di sini

Allah SWT Melipatkan Gandakan Pahala Orang Yang berpuasa dan Berbuat baik


Sebagaimana yang telah dijanjikan oleh Allah SWT bahwa pahala orang yang berbuat baik atau beramal baik di bulan Ramadan beribadah di bulan Ramadan maka dilipatgandakan menjadi 700 kali lipat bahkan berlipat-lipat hanya Allah yang tahu akan pahala besar pahala tersebut,Wallahu a'lam Bishawab.

Oleh karena itu sekali lagi maka jangan sia-siakan diri kesempatan ini beribadah berpuasa kita tingkatkan amal-amal kebaikan yang lain seperti shadaqoh,perbanyak membaca Al-Qur'an dan mempelajarinya menambah  ibadah-ibadah sunah yang lain seperti menghidupkan malam ramdhan dengan shalat Tarawih dan lain sebagainya. 

Allah SWT Memberikan Dua Kegembiraan bagi Orang yang Berpuasa Ramadhan.


Di dalam bulan ramadhan tersebut orang mukmin yang bahagia akan datangnya bulan Ramadan maka di bulan Ramadan tersebut bagi orang mukmin pun ada dua kebahagiaan bagi orang yang berpuasa.

Kebahagiaan yang pertama yaitu mereka ketika mereka berbuka puasa. Tiada gambaran kebahagiaan adanya adalah menikmati nikmat Allah yang luar biasa sehari yang telah dilalui lapar dan dahaga sampai satu hari penuh sampai waktu mahgrib, mereka ditawarkan oleh sesuatu yang menjaga  mulut mereka dengan  haus dan lapar , mereka mengekang hawa nafsu yang begitu menggebu-gebu hanya dengan berbuka puasa walaupun dengan satu tegukan es cendol,sudah bisa dirasakan nikmatnya luarbiasa disaat berbuka puasa.

Kedua yaitu kebahagiaan bagi orang yang berpuasa yaitu 
وَفَرْحَةٌ عِنْدَ لِقَاءِ رَبِّهِ 
kedua kegembiraan ketika bertemu Tuhannya,(HR Muslim)

Inilah adalah bentuk kegembiraan yang luar biasa nikmat yang tiada terkira,tiada bandingnya yaitu bagi orang-orang yang beriman dibanding nikmat menikmati surga yang dihadiahkan oleh Allah subhanahu wa ta'ala atas amal-amal kebaikan dari orang yang beriman bertemu dengan Tuhannya  yaitu Allah SWT merupakan nikmat yang tiada tanding sehingga sangat layak seorang yang berpuasa yang mana ibadahnya hanya diketahui oleh dirinya sendiri dan oleh Allah SWT sehingga nanti atau kelak di hari kiamat hanya dia yang menikmati bertemu Allah melihat dzat Allah SWT. 

Beliau Kiai naim mengucapkan subhanallah subhanallah (Maha Suci Allah)
 
Kiai Muhammad Ainun Naim berpesan kepada kaum muslim dan pembaca dimanapun berada 
"Mari tingkatkan tambah giat beribadah dalam bulan Ramadan ini kita gunakan waktu sebaik-baiknya dengan kegembiraan keceriaan" Pesan Kiai Naim.

 Jangan ada beban sama sekali karena sudah rahasia umum bagi orang-orang yang berpuasa jadi umat muslim sebelumnya setiap bulan puasa mereka persiapan diri untuk melaksanakan ibadah puasa syarat untuk mencapai finish atau kemenangan yaitu berharap menjadi manusia yang bertakwa  kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala.

Semoga Ramadan tahun ini Allah Subhanahu Wa Ta'ala mencurahkan segala keberkahannya,memberikan kekuatan kepada kita semua serta mendapat Ridha Allah SWT Amin Ya Rabbal 'Alamin.
semoga tausiyah ramadhan ini  bermanfaat untuk kita semua. Selamat Menuanaikan Ibadah Puasa 1444 Hijriyah. (Divisi Infokom JRA Jateng;Khayaturrohman)