Tausiyah Kedudukan Sedekah Di Bulan Ramadhan Bersama: Gus Burhan Ali Setiawan Divisi Dakwah PW JRA Jateng

Sedekah merupakan amalan sunah yang dicontohkan oleh Nabi Muhammad   Amalan ini begitu dianjurkan, apalagi di bulan Ramadan 1444 hijriyah . Selain itu, orang yang bersedekah juga akan diberi pahala yang dilipatgandakan dan derajatnya ditinggikan oleh Allah SWT.
 
Cahaya Ramadhan Adalah Program Konten Tausiyah untuk mengisi Bulan Suci Ramadhan tahun 2023 yang mana diselenggarakan Oleh Pengurus Wilayah Jam'iyyah Ruqyah Aswaja (PW JRA) Jawa Tengah

Tausiyah dalam kesempatan ini dengan Tema " Kedudukan Sedekah di bulan Ramadhan"
Narasumber : Gus Burhan Ali Setiawan S.H.I M.H (Divisi Dakwah dan Kaderisasi PW JRA Jawa Tengah)

Saudara-saudaraku Solihin Sholihah yang dibahagiakan Allah Subhanahu Wa Ta'ala 

Bulan Ramadhan adalah bulan kasih sayang dan kedermawanan. Ini karena Ramadhan merupakan bulan yang sangat mulia dan pahalanya berlipat ganda. 
 
"Marilah kita contoh pribadi Nabi kita Muhammad  dalam hal ini. Beliau adalah orang yang paling dermawan dan lebih dermawan lagi apabila di bulan Ramadhan, sehingga digambarkan bahwa beliau lebih dermawan daripada angin yang kencang," Gus Burhan Ali Setiawan, S.H.I, M.H. 

Rasulullah  menyatakan dalam hadis riwayat Imam Baihaqi Radiyallahu anhu 

كَانَ رَسُولُ اللَّهِ أَجْوَدَ النَّاسِ، وَكَانَ أَجْوَدُ مَا يَكُونُ فِى رَمَضَانَ
 
Artinya : "Rasulullah  adalah manusia yang paling dermawan. beliau sangat dermawan jika di bulan Ramadhan.” (HR. Al-Baihaqi)

Kesimpulannya kalau di bulan Ramadan tahun 2023 ini adalah bulan yang dikatakan penuh dengan ampunan penuh dengan rahmat ada juga pembebasan dari api neraka maka sedekah termasuk memiliki kedudukan yang tinggi di bulan Ramadhan dicontohkan langsung oleh Rasulullah  di bulan Ramadhan ini orang-orang yang suka bersedekah orang-orang yang gemar bersedekah memiliki banyak hikmah. 

Di antaranya yang pertama adalah meniru mengikuti  bagaimana Rasulullah  ini sedekah dikatakan memiliki keutamaan karena secara umum pahala-pahala di bulan Ramadan dilipatgandakan oleh Allah SWT. Bahkan ada satu Hadist bagaimana orang-orang yang memberikan buka puasa kepada orang yang berpuasa dikatakann   pahalanya adalah sama dengan orang yang diberi buka puasa.

Sempama kita sudah berpuasa kemudian memberikan sedekah buka puasa kepada orang lain maka mendapatkan dua pahala sekaligus dalam satu puasa yaitu pahala puasa kita sendiri dan pahala memberikan buka puasa kepada orang lain. 

Maka Mari di bulan Ramadan ini kita jadikan betul sebagai sarana kita banyak-banyak bersedekah karena sedekah memiliki kedudukan yang mulia di bulan Ramadan semoga bermanfaat