Mengenang 40 Hari Wafat KH Rofiq Malik Wakil Rais Syuriyah MWCNU Donorojo, Praktisi PC JRA : Pengasuh Ponpes Al-Muniroh Jepara

Jrajateng.or.id – Pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Al Muniroh, KH Rofiq Malik, beliau meninggal dunia saat mengisi ceramah dalam acara wisuda santri Ponpes Al Murtadho Desa Blingoh, Donorojo, Jepara, Jawa Tengah, Rabu, 8 Maret 2023 malam. Video detik-detik terjatuhnya sang kiai viral di media sosial.

Mengutip beberapa sumber termasuk dari Ketua Pengurus Wilayah Jam'iyyah Ruqyah Aswaja (PW JRA) Jawa Tengah, Kiai Muhammad Ainun Na'im Pada Hari Jumat, (10/6/2023)  dikesempatan tersebut  adalah Hari Ulang Tahun Ketua PW JRA JATENG. 

Biografi Singkat Almaghfurlah KH Rofiq Malik

Selain pengasuh ponpes Al-Muniroh, KH Rofiq adalah Wakil Rais Syuriyah  Majelis Wakil Cabang (MWCNU) Donorojo, juga sebagai Praktisi Jam'iyyah Ruqyah Aswaja An-Nahdliyah ( JRA ) Kabupaten Jepara.

Beliau KH Rofiq Malik adalah sosok yg dekat dengan Ketua PW JRA JATENG. Setiap ada acara di pondok beliau, beliau tak lupa selalu mengirim pesan mengundang untuk bisa turut hadir. 
Dan terhitung sosok salah satu praktisi Kiai Jepara yang paling sering Chat WA kepada ketua PW JRA tersebut. Bahkan saat ada kabar apapun disekitar Donorojo beliau selalu kirim kabar. 
Dan kemarin saat  Kiai Nai'm Sebutan Ketua PW JRA JATENG  punya hajat walimatul khitan, beliau masih sempat menyumbang satu sholawat di atas panggung bersama grup hadroh. 
Beliau juga menyampaikan dalam chatnya di WA, menyampaikan terima kasih telah diberi kesempatan menyumbang sholawat. "Tutur Kiai Muhammad Naim yang masih larut dalam kesedihan dan merasa sangat kehilangan yang sesekali menghela nafas dengan mata berlinang air mata."

Pondok Pesantren Al Muniroh yang dipimpin oleh KH Rofiq memiliki program pendidikan yang mengajarkan ilmu agama Islam, seperti membaca kitab, memahami hadis, ilmu fiqih serta membekali santri dengan keterampilan praktis dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, KH Rofiq Malik juga terlibat dalam berbagai kegiatan sosial dan kemanusiaan di masyarakat, seperti sering mengadakan Ruqyah Massal di Ponpes beliau, membantu korban bencana alam dan memberikan bantuan kepada orang-orang yang membutuhkan.

KH  Rofiq dikenal sebagai sosok yang memiliki pengaruh besar di kalangan santri dan masyarakat sekitar. Dia juga sering memberikan ceramah agama di berbagai acara dan forum, serta terlibat dalam berbagai kegiatan untuk mempromosikan nilai-nilai keagamaan dan sosial di masyarakat.

Sang kiai dalam ceramahnya juga sering mengingatkan jamaah untuk selalu mengingat Allah SWT dan bershalawat kepada Rasululloh SAW. Bahkan dalam video viral detik-detik wafatnya KH. Rofiq, dia masih sempat mengajak jemaah untuk bersholawat.


“Shollu’ala Muhammad,” seru KH. Rofiq sebelum tubuhnya ambruk, dilihat dari video yang diunggah dari berbagai media, terutama ramai di berbagai media JRA, Jumat 10 Maret 2023

Peristiwa itu terjadi ketika KH. Rofiq mengisi ceramah di Desa Blingoh Rabu malam sekitar pukul 22.00 WIB. "Di tengah-tengah memberikan ceramah tiba-tiba beliau ambruk,"

Sebelum Acara KH Rofiq Malik Dalam Kondisi Sehat
Saat menghadiri acara tersebut KH. Rofiq terlihat sangat sehat, bahkan awal berangkatpun tak mau diantarkan oleh putra beliau dan membawa sepeda motor sendiri dengan alasan beliau jarak lokasi pengajian yang dekat. Semua orang yang hadir pun tak menyangka pemilik Ponpes Al Muniroh itu meninggal dunia.

Setelah terjatuh, KH  Rofiq sempat dibawa ke Rumah Sakit terdekat namun kondisinya tidak dapat tertolong. Almarhum sendiri sudah dimakamkan di Pemakaman Ponpes Al Muniroh Desa Bandungharjo, Kecamatan Donorojo.

Dalam acara pemakaman almaghfurlahu dihadiri ribuan masyarakat dari berbagai penjuru Jepara dan luar Jepara. Banyak dari praktisi JRA yang hadir pada saat itu. Saking banyaknya yang hadir, shalat jenazah yang dilaksanakan di Masjid di lakukan hingga 3-4 kali kloter.

Banyak yang bersaksi bahwa beliau seorang kiai yang sangat baik.
Semoga Jannah tertinggi untuk beliau, dan kita dapat meneruskan estafet perjuangan beliau, serta bisa meninggal dalam keadaan beribadah seperti beliau. Amin  

Penulis : Muhammad Ainun Na'im Ketua PW JRA Jawa Tengah
Editor : Khayaturrohman (Divisi Infokom PW JRA Jawa tengah)