Hubungan Ulama Mekkah dan Ulama Nusantara (2)

Kunjungan Abuya ke kota
Lombok Nusa Tenggara Barat 
Awal Juli tahun 1986 silam

Dalam kesempatan tausyiah yang diterjemahkan oleh KH. Ihya Ulumuddin, Abuya menyatakan bahwa tidak ada seorang pun ahli ilmu di kota suci Makkah, baik thullab maupun ulamanya yang tidak kenal ketinggian ilmu Syaikh Zainuddin.

Beliau adalah ulama besar yang bukan hanya milik ummat Islam Indonesia, namun milik ummat Islam sedunia. Maulana Syekh TGKH Muhammad Zainuddin Abdul Madjid. Pendiri organisasi massa terbesar di Nusa Tenggara Barat yaitu Nadhaltul Wathan (NW).
Sayyid Alawi Al Maliki Al Hasani guru dari Maulana Syekh TGKH Muhammad Zainuddin Abdul Madjid

Abuya juga menganjurkan agar Thullab  Nahdlatul Wathon (NW) jangan takut belajar hingga ke luar negeri, namun dengan syarat tetap memegang teguh Mazhab Ahlu Sunnah. Ambil ilmu seluas-luasnya, tapi  jangan lupa pada aqidah yang diajarkan guru besar NW, Syekh Zainuddin Abdul Madjid.

Abuya Sayyid Muhammad terkenal dengan sifat sakho’nya (dermawan). Beliau kerap memberi hadiah berupa uang atau kitab karya beliau kepada tamu atau murid-muridnya.

Pada kesempatan kunjungan waktu itu, padahal kedudukan beliau sebagai tamu, beliau memberikan bantuan Rp. 5 juta kepada Maulanasyekh untuk kepentingan NW.

Lantaran gembiranya Maulanasyekh menerima sumbangan (hadiah), beliau memperlihatkan hadiah itu kepada murid-murid dan keluarganya, “No gitak, mauk aku hadiah lekan anak gurungku” (lihat, ini saya dapat hadiah dari putra guruku).
*(Syekh Zainuddin Abdul Madjid adalah murid dari Sayyid Alawi bin Sayyid Abbas Al Maliki Al Hasani)*
"Begitu Juga KH Maimun Zubair juga murid Beliau".

Baca juga

sumber IG: @muhibbinabuya
https://nwonline.or.id/prof-dr-sayyid-muhammad-bin-alawi-almaliki-alhasani-ke-lombok/


Al Qur'an sebagai obat yang pertama dan yang utama.
Follow IG : jra_kota_semarang
Facebook : Ruqyah Aswaja Cabang Semarang
Sekretariat  JRA kota Semarang
Perumahan Sambungharjo Permai Blok E-19
Rt 03/08 Kelurahan Sambungharjo Kecamatan Genuk Kota Semarang
HP 089667994881
Ditulis Oleh: Fajar Abdullah